Selasa, 05 Mei 2015

Lampu Depan Motor Sering Mati Atau Putus

Lampu depan motor sering putus? Atau sering rusaknya perangkat elektrik pada motor? Pasti sangat menyebalkan apalagi baru saja diganti beberapa bulan atau bahkan baru diganti beberapa minggu saja sudah rusak lagi. Berbagai spekulasi sering muncul dipikiran para pengendara, apa yang sebenarnya terjadi? Tetapi daripada menduga-duga lebih baik langsung dibawa ke service center agar ditangani dengan benar oleh teknisi yang paham mengenai kelistrikan sepeda motor anda.

Berdasarkan pengalaman 4tech, ada beberapa hal yang memicu seringnya lampu depan pada motor putus.
Berikut beberapa penyebab dan solusi kerusakannya:


1. Kualitas Lampu

Hal tersebut dapat disebabkan oleh kualitas lampu yang tidak bagus atau dibawah standar. Jika dibandingkan dengan part lampu yang asli (standar pabrik), umur lampu  dapat mencapai dua atau tiga kali lebih awet dibanding dengan lampu kw (tidak asli/abal-abal) yang biasa ditawarkan di beberapa bengkel yang memang tidak mempunyai stok part yang asli. 
Solusi :
Gunakan parts lampu asli yang memang diproduksi dari pabrikan motor anda beli dibengkel resmi(dealer). Untuk harga berada pada kisaran 25-30 ribu rupiah tergantung model dan merek motor anda. Harga tersebut biasanya hanya selisih 5-10 ribu rupiah jika dibandingkan dengan parts kw, namun kualitas terjamin dibanding harus sering mengganti jika menggunakan parts kw.

2. Konsleting pada Kabel atau Kabel pada Perumahan putus.

Periksa kelistrikan motor, terutama pada perkabelan dan perumahan lampu ataupun switch lampu. Pada bagian ini memang harus ditangani dengan teliti mulai dari jalur perkabelan, sambungan kabel, dan juga perumahan lampu atau switch lampu. Periksa apakah kabel sudah terhubung dengan benar, atau terdapat kerusakan.
Solusi :
Lakukan pengecekan pada seluruh jalur kelistrikan mulai dari aki hingga ke switch dan perumahan lampu, periksa apakah terdapat kerusakan pada perkabelannya.
Untuk orang awam, sebaiknya serahkan masalah ini kepada teknisi ahli agar masalah benar-benar tertangani dengan baik.

3. Kerusakan Kiprok

Jika perkabelan baik dan menggunakan lampu asli, namun lampu masih sering mati(putus) penyebab terakhir berasal dari kerusakan kiprok motor.
Ciri-ciri kerusakan kiprok :
- Lampu redup, lampu sein tidak bekerja normal walau bisa menyala, padahal kondisi aki masih baik.
- Bohlam lampu (depan) putus terutama saat mendapat arus tinggi dari kendaraan seperti saat memacu motor dengan kecepatan tinggi. 
Hal diatas dapat terjadi dikarenakan kiprok memiliki fungsi vital pada kelistrikan motor. Kiprok mengatur arus listrik pada motor agar selalu konstan dan stabil agar perangkat listrik berkerja dengan baik.
Solusi :
Periksa kondisi kiprok, bawa kebengkel resmi agar kelistrikan diperiksa secara menyeluruh. Apabila memang terjadi kerusakan maka kiprok harus diganti. Untuk harga kiprok asli sekitar 100-150 ribu rupiah, kalau kiprok kw 75-90 ribu rupiah.

Kebiasaan menggunakan parts kw selain kurang awet juga dapat menyebabkan kerusakan pada part lainnya.
Jadi biasakan mengganti parts kendaraan dengan yang asli pada bengkel resmi apalagi umur motor sudah tua agar motor berumur panjang.
Sekian tips dan pencerahan dari mr.4tech, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam 4tech.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar